MENJADI PRIBADI YANG INOVATIF (3)


Sumber Penerapan Sikap Inovatif

Dorongan untuk berinovasi merupakan alat spesifik bagi seorang Inovator. Oleh karena itu, Seorang Inovator harus memahami dan dapat mengembangkan  inovasi-inovasi sebagai elemen utama dalam strategi bisnis.
Prakteknya di dalam dunia bisnis, sebagian besar gagasan  inovasi muncul  lewat analisis metodologi peluang-peluang yang ada, baik yang terdapat di dalam, maupun di luar perusahaan (F.Drucker).
Peluang-peluang tersebut dapat berupa peristiwa-peristiwa yang tidak diharapkan, keganjilan, kebutuhan proses, perubahan industri, perubahan demografis, perubahan persepsi, dan adanya pengetahuan baru.

Tahap-tahap inovasi dapat dikelompokkan menjadi dua fase:
a.  Penciptaan inovasi
Adalah kreasi gagasan dan pemecahan masalah bagi produk atau solusi produk.
b.  Adopsi inovasi
Adalah akuisisi atau implementasi inovasi yang menjadikan sumber peluang dari inovasi itu.

Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi sumber penerapan kemampuan inovasi (Howel dan Heggins,1990) sebagai berikut:
a.   Kejadian yang tidak diharapkan
Ada dua hal yang sering muncul dalam usaha, yaitu kesuksesan dan kegagalan yang lahir begitu saja tanpa pernah diantisipasi dan diramalkan sebelumnya, kegagalan biasanya tidak diharapkan, akan tetapi hal ini sama pentingnya karena bisnis sering mengabaikannya, bahkan membencinya. Kegagalan ini sebenarnya dapat menjadi sumber peluang  inovasi. Hal inilah yang akan menjadi dasar kuat bagi perusahaan. Contohnya: Aqua keberhasilannya tidak pernah diduga banyak orang, bahkan mula-mula diawali dengan adanya cemoohan.
b.   Ketidakharmonisan
Peristiwa-peristiwa yang tidak diharapkan dapat menjadi sumber peluang yang mudah dan disederhanakan.  Hal ini bisa terjadi karena ada jurang pemisah antara yang diharapkan dengan yang sebenarnya terjadi.
c.    Proses sesuai dengan kebutuhan
Hal ini dapat terjadi jika permintaan khusus dari analisa pasar untuk menciptakan  inovasi tertentu, karena ada kebutuhan khusus. Contohnya: Perusahaan minyak goreng tanpa kalesterol  tinggi berdasarkan kebutuhan khusus.
d.   Perubahan pada industri dan pasar
Industri selalu berkembang berdasarkan perkembangan pasar yang selalu berubah-ubah secara struktural, desain, dan definisi.  Di sini seorang  inovator harus peka mengantisipasi untuk menarik kesempatan yang akan muncul.
Contohnya: Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk-produk yang ramah terhadap lingkungan, akan  terlahirlah kertas, plastik, dan sampah yang didaur ulang.
e.   Perubahan demografi
Perubahan demografis merupakan salah satu sumber  peluang  inovasi yang paling  handal.  Di  sini  inovasi akan muncul karena adanya perubahan pada masyarakat tentang jumlah penduduk, umur, pengetahuan, pendidikan, pekerjaan, lokasi geografis, dan faktor-faktor lainnya. 
f.      Perubahan persepsi
Adanya sumber peluang  inovasi, berbagai rupa keganjilan, dapat menjadi sumber peluang  inovasi. Di sini  inovasi akan muncul karena adanya perubahan interpretasi yang terjadi di masyarakat akan fakta-fakta yang ada dan konsep yang berlaku.  Contohnya: Bermunculannya pusat-pusat kebugaran jasmani ( fitness center) dan aerobik di kota-kota besar.
g.   Konsep pengetahuan dasar
Pengetahuan baru, apakah itu pengetahuan ilmiah, teknis atau sosial merupakan sumber peluang yang paling produktif. Di sini ada beberapa prinsip yang mendasari kreasi dan  inovasi, serta Invensi.
Invensi merupakan salah satu konsep pengetahuan dasar karena adanya produk dari hasil pemikiran baru.  Contohnya: industri, video, dan robot.
Rasa ingin tahu menurut Schon (1963), servo (1988), yang  dimiliki seorang  Wirausaha akan mendorong untuk melakukan penelitian dan percobaan.   Seorang  inovator sering menemukan sesuatu yang baru. Hal ini disebut  inovasi.  Konsepsi penemuan dan pemanfaatan adalah elemen-elemen yang ada di dalam  inovasi.  Inovasi hampir  selalu melibatkan pertarungan antara banyak orang dan dibutuhkan stamina serta kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat menjadi pemenang.
Inovasi telah dikenal sebagai salah satu fungsi penting di dalam proses kewirausahaan.  Inovasi merupakan suatu proses  mengubah peluang menjadi gagasan yang dapat diperjualbelikan.

Postingan Populer